RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
pendidikan : SD
Mata pelajaran :
Matematika
Kelas/Semester : IV/1
Nama :
Surwani
A. Standar Kompetensi
1.
Memahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan dalam pemecahan
masalah.
B. Kompetensi Dasar
1.5
Melakukan penaksiran dan pembulatan
C. Indikator
1.
Membulatkan bilangan kedalam puluhan, ratusan, atau ribuan terdekat
2. Menaksir
hasil operasi hitung.
D. Tujuan pembelajaran
1.
Siswa dapat melakukan pembulatan bilangan
2.
Dengan kerja kelompok, siswa dapat menaksir hasil operasi hitung.
E. Materi ajar
A. Pembulatan
Melakukan
pembulatan
a. Membulatkan bilangan ke dalam puluhan terdekat
-
Jika angka
terakhir (satuan) lebih besar atau sama dengan 5 maka bilangannya dibulatkan ke
atas.
-
Jika angka
terakhir (satuan) lebih kecil dari 5 maka bilangannya dibulatkan ke bawah.
contoh
:
1.
12 dibulatkan menjadi 10 (bilangan terakhir (2) lebih kecil dari 5)
2.
18 dibulatkan menjadi 20 (bilangan terakhir (8) lebih beasar dari 5)
3.
35 dibulatkan menjadi 40 (bilangan terakhir (5) sama dengan 5)
b. Membulatkan bilangan dalam ratusan terdekat.
aturan pembulatan :
-
Jika dua angka
terakhir (puluhan) lebih besar atau sama dengan 50, maka bilangannya dibulatkan
ke atas.
-
Jika dua angka
terakhir (puluhan) lebih kecil dari 50, maka bilangannya dibulatkan ke bawah.
contoh :
1. 125 dibulatkan menjadi 100 (dua
bilangan terakhir (25) lebih kecil dari 50)
2. 380 dibulatkan menjadi 400 (dua
bilangan terakhir (80) lebih besar dari 50)
3. 650 dibulatkan menjaadi 700 (dua
bilangan terakhir (50) sama dengan 50)
c. membulatkan bilangan ke dalam
ribuan terdekat
aturan pembulatan :
-
Jika tiga angka
terakhir (ratusan) lebih besar atau sama dengan 500, maka bilangannya
dibulatkan ke atas.
-
Jika tiga angka
terakhir (ratusan) lebih kecil dari 500, maka bilangannya dibulatkan ke bawah.
Contoh :
1.
1.482
dibulatkan menjadi 1000 (tiga bilangan terakhir ( 482) lebih kecil dari 500)
2.
2804 dibulatkan
menjadi 3000 (tiga bilangan terakhir (804) lebih besar dari 500)
B. Menaksir
hasil operasi hitung
1. untuk
taksiran tinggi pembulatan dilakukan ke atas, yaitu :
21 menjadi
30
26 menjadi
30
Jadi,
taksiran tinggi dari 21 X 26 = 30 X 30 = 900
2. untuk
taksiran rendah, pembulatan dilakukan ke bawah, yaitu :
21 menjadi
20
26 menjadi
20
Jadi,
taksiran rendah 21 X 26 = 20 X 20 = 400
3. untuk
taksiran yang baik, pembulatan dilakukan kepuluhan terdekat yaitu :
21 menjadi
20
26 menjadi
30
Jadi,
taksiran yang baik 21 X 26 = 20 X 30 = 600
Hasil kali
sebenarnya dari 21 X 26 = 546.
Bilangan
yang lebih mendekati hasil sebenarnya adalah taksiran baik yaitu 600
F. Alokasi
Waktu
2 x 35 Menit
G. Metode Pembelajaran
Demonstrasi
Tanya
jawab
diskusi
Latihan
H. Kegiatan Belajar Mengajar
KEGIATAN
|
DISKRIPSI
KEGIATAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
Kegiatan
Awal
|
1.
Siswa melakukan kegiatan dengan berdoa
2.
Guru menanyakan kehadiran siswa
3.
Guru menyampaikan apresiasi kepada siswa untuk menggali pengetahuan awal
siswa dengan meberikan pertanyaan seperti :
a.
coba sebutkan berapa kira-kira panjang
dan lebar papan tulis ?
b.
apakah itu pembulatan bilangan ?
c.
apakah itu penaksiran ?
d.
bagaimana cara mebulatkan bilangan dan menaksir hasil operasi hitung ?
4.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
|
5
Menit
|
Kegiatan
Inti
|
1.
Guru menjelaskan materi tentang
menaksir dan membulatkan bilangan.(elaborasi)
2.
Guru menjelaskan aturan dalam
pembulatan bilangan.(elaborasi)
3.
Guru memberikan contoh soal
pembulatan yang masih sederhana di papan tulis. (elaborasi)
4.
Guru memberikan latihan soal yang
ada di papan tulis. (elaborasi)
5.
Guru meminta siswa mengerjakan
soal di bukunya masing-masing.(elaborasi)
6. Guru
membimbing siswa dalam mengerjakan soal pembulatan. (elaborasi)
7. Guru
meminta satu persatu siswa menuliskan hasil jawabannya dipapan tulis.
(elaborasi)
8. Siswa
kembali ketempat duduknya masing-masing. (elaborasi)
9. Guru
mengadakan tanya jawab kepada siswa. (eksplorasi)
10. Guru
menjelaskan aturan dalam menaksir hasil operasi hitung. (elaborasi)
11. Guru
memberikan contoh soal menaksir hasil operasi hitung. (elaborasi)
12. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok (satu
kelompok terdiri dari 4-5 orang)
13. Guru meminta masing-masing kelompok untuk menulis soal tentang penafsiran hasil operasi hitung di papan
tulis. (elaborasi)
14. Siswa
mengamati hasil jawaban kelompoknya masing-masing. (elaborasi)
15. Guru
meminta salah satu perwakilan kelompok untuk menuliskan hasil jawabannya di
papan tulis. (elaborasi)
16. Siswa
kembali ke tempat duduknya
masing-masing. (elaborasi)
17. Siswa
mengerjakan soal pembulatan dan menentukan tasiran dari hasil operasi hitung.
(elaborasi)
18. Guru
meluruskan kesalahan pemahaman dengan memberikatan penguatan konsep kepada
siswa. (Konfirmasi)
|
50
menit
|
Penutup
|
1.
Guru bertanya kepada siswa “apakah
ada pertanyaan atau ada yang kurang jelas mengenai ateri yang sudah i
sampaikan ?”
2.
Guru meminta siswa untuk membuat
kesimpulan mengenai materi yang sudah dijelaskan.
3.
Guru memberikan pekerjaan rumah
(pr) yang ada dibuku
4.
Guru menutup pelajaran dengan menyampaikan
materi yang akan disampaikan pada pertemuan selanjutnya dan mengucapkan salam
|
5
Menit
|
I. Evaluasi
A. Tes
a.
tulislah pembulatan sampai puluhan, ratusan, ribuan terdekat.
1)
11 dibulatkan
menjadi....
2)
375 dibulatkan
menjadi....
3)
1.492
dibulatkan menjadi....
b.
tentukan taksiran dari hasil operasi hitung
1. 33 X 37 = ....
Taksiran tinggi = ....
Taksiran rendah = ....
Taksiran baik =....
B. Kunci jawaban
a.
1)
11 bilangan
terakhir (1) lebih kecil dari 5 maka di bulatkan ke bawah menjadi 10 ( 1 )
2)
375 bilangan terakhir
(75) di atas 50 maka dibulatkan ke atas menjadi 400 ( 1 )
3)
1.492 bilangan
terakhir (492) lebih kecil dari 500 maka
dibulatkan ke bawah menjadi 1.000 ( 1 )
b.
1.
33 X 37 = 1221 ( 1 )
Taksiran
tingi 33 x 37 = 40 x 40 = 1.600 ( 2 )
Taksiran
rendah 33 x 37 = 30 x 30 = 900 ( 2 )
Taksiran
baik 33 x 37 =30 x 40 = 1.200 ( 2 )
Penilaian
J. Sumber dan
media pembelajaran
a. Sumber belajar
Sinaga, Mangatur. 2007. Terampil Berhitung Matematika
untuk SD Kelas IV. Jakarta : Erlangga.
SILABUS
Mata Pelajaran
: Matematika
Kelas/Semester : 1V (Empat) / 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1.
Memahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan dalam pemecahan masalah.
Kompetensi dasar
|
Materi pokok
|
Kegiatan pembelajaran
|
indikator
|
penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber belajar
|
1.5 melakukan penaksiran dan pembulatan
|
Penaksiran dan pembulatan
|
1. Menyebutkan kira-kira panjang dan lebar papan tulis
2. Membulatkan bilangan dan penaksiran hasil operasi
hitung
3. Mengerjakan soal-soal mengenai pembulatan
4. Mengerjakan soal penaksiran operasi hitung
|
1. Membulatkan bilangan ke dalam puluhan, ratusan,
atau ribuan terdekat
2. Menaksir hasil operasi hitung
|
tertulis
|
10 jp X 35 Menit
|
Buku, Terampil Berhitung Matematika untuk SD Kelas
1V
|
Komentar
Posting Komentar