rpp sur. pgsd
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
Satuan
Pendidikan : SDN 03 Pontianak Kota
Mata
Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas/Semester : III (tiga) / 1 (satu)
Waktu
:
2 x 35 menit (1 x Pertemuan)
Hari/Tanggal
: Selasa / 17 Oktober 2017
A. Standar Kompetensi
1.
Melakukan
operasi hitung bilangan sampai tiga angka
B. Kompetensi Dasar
1.3
Melakukan perkalian yang hasilnyabilangan tiga angka dan pembagian bilangan
tiga angka
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
1.3.1
Melakukan perkalian yang hasilnya
bilangan tiga angka dengan tabel perkalian.
1.3.2
Melakukan pembagian bilangan tiga
angkadengan tabel pembagian.
D. Tujuan Pembelajaran
1. Setelah
menyimak penjelasan guru, siswa dapat melakukan perkalian yang hasilnya
bilangan tiga dengan tabel perkalian.
2. Dengan
bimbingan guru, siswa dapat melakukan pembagian bilangan tiga angka dengan
tabel pembagian.
E. Materi Ajar
C. Membuat Tabel Perkalian dan Pembagian
1. Membuat Tabel Perkalian sampai 10 x 20
Masih ingatkah kalian perkalian sampai 5 x 10 ? Cobalah kamu bacakan hasil perkalian berikut dengan cepat!
3 x 2 =... 4 x 7
=... 5 x 6 =...
3 x 3 =... 4 x 8
=... 5 x 7 =...
4 x 7 =... 4 x 9
=... 5 x 9 =...
Sekarang marilah kita lanjutkan membuat tabel perkalian
mulai 5 x 11 hingga 10 x 20. Perhatiakan
tabel perkalian berikut!
x
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
16
|
17
|
18
|
19
|
20
|
21
|
22
|
23
|
24
|
25
|
26
|
27
|
28
|
29
|
30
|
5
|
55
|
60
|
65
|
70
|
75
|
80
|
85
|
90
|
95
|
100
|
105
|
110
|
115
|
120
|
125
|
130
|
135
|
140
|
145
|
150
|
6
|
66
|
72
|
78
|
84
|
90
|
96
|
102
|
108
|
114
|
120
|
126
|
132
|
138
|
144
|
150
|
156
|
162
|
168
|
174
|
180
|
7
|
77
|
84
|
91
|
98
|
105
|
112
|
119
|
126
|
133
|
140
|
147
|
154
|
161
|
168
|
175
|
182
|
189
|
196
|
103
|
210
|
8
|
88
|
96
|
104
|
112
|
120
|
128
|
136
|
144
|
152
|
160
|
168
|
176
|
184
|
192
|
200
|
208
|
216
|
224
|
232
|
240
|
9
|
99
|
108
|
117
|
126
|
135
|
144
|
153
|
162
|
171
|
180
|
189
|
198
|
207
|
216
|
225
|
234
|
243
|
252
|
261
|
270
|
10
|
110
|
120
|
130
|
140
|
150
|
160
|
170
|
180
|
190
|
200
|
210
|
220
|
230
|
240
|
250
|
260
|
270
|
280
|
290
|
300
|
11
|
121
|
132
|
143
|
154
|
165
|
176
|
187
|
198
|
209
|
220
|
231
|
242
|
253
|
264
|
275
|
286
|
297
|
308
|
319
|
330
|
12
|
132
|
144
|
156
|
168
|
180
|
192
|
204
|
116
|
228
|
240
|
252
|
264
|
276
|
288
|
300
|
312
|
324
|
336
|
348
|
360
|
13
|
143
|
156
|
169
|
182
|
195
|
208
|
121
|
234
|
247
|
260
|
273
|
286
|
299
|
312
|
325
|
338
|
351
|
364
|
377
|
390
|
14
|
154
|
168
|
182
|
196
|
210
|
224
|
238
|
252
|
266
|
280
|
294
|
308
|
322
|
336
|
350
|
364
|
378
|
392
|
406
|
420
|
15
|
165
|
180
|
195
|
210
|
225
|
240
|
255
|
270
|
285
|
300
|
315
|
330
|
345
|
360
|
375
|
390
|
405
|
420
|
435
|
450
|
16
|
176
|
192
|
208
|
224
|
240
|
256
|
272
|
288
|
304
|
320
|
336
|
352
|
368
|
384
|
400
|
416
|
432
|
448
|
464
|
480
|
17
|
187
|
204
|
221
|
238
|
255
|
272
|
289
|
306
|
323
|
340
|
357
|
374
|
391
|
408
|
425
|
442
|
459
|
476
|
493
|
510
|
18
|
198
|
216
|
234
|
252
|
270
|
288
|
306
|
324
|
342
|
360
|
378
|
396
|
414
|
432
|
450
|
468
|
486
|
504
|
522
|
540
|
19
|
209
|
228
|
247
|
266
|
285
|
304
|
323
|
342
|
361
|
380
|
399
|
418
|
437
|
456
|
475
|
494
|
513
|
532
|
551
|
570
|
20
|
220
|
240
|
260
|
280
|
300
|
320
|
340
|
360
|
380
|
400
|
420
|
440
|
460
|
480
|
500
|
520
|
540
|
560
|
580
|
600
|
Bilangan Pertama
Kolom
Contoh
Berapakah hasil dari 8 x 15 ?
Jawab:
Langkahnya adalah sebagai
berikut.
a. Buatlah garis tipis dari bilangan pertama yaitu 8 (baris ke- 5)
Mendatar ke arah kanan!
b. Buatlah pula garis tipis dari bilangan kedua yaitu 15 (kolom ke-
5)
Menurun ke arah bawah!
c. Perhatikan kedua garis berpotongan di angka 120!
Jadi, 8 x
15 = 120
2.
Tabel Pembagian sampai 200 : 10
Untuk melatih ingatanmu, jawablah soal pembagian berikut dengan
cepat!
12:2 = ... 14:7 =
... 15:3 = ...
10:5 = ... 15:5 =
... 30:10 = ...
16:4 = ... 20:4 =
... 35:7 = ...
Tabel perkalian di atas juga dapat digunakan untuk menyelesaikan
pembagian bagaimanakah caranya?
Perhatikan contoh berikut.
Contoh
1. Berapakah 84 : 7 ?
2. Berapakah 104 : 8 ?
Jawab:
1.
Mencari
hasil 84 : 7
Cara mengerjakan:
·
Carilah angka 84 dalam
tabel yang sebaris dengan angka 7!
·
Setelah angka 84
ditemukan, urut ke atas.
Maka
diperoleh angka 12
Ini
menunjukkan bahwa 84 : 7 = 12
2. Mencari hasil 104 : 8
Cara mengerjakan:
·
Carilah angka 104 dalam
tabel yang sebaris dengan angka 8!
·
Setelah angka 104
ditemukan, urut ke atas.
Maka akan
diperoleh angka 13
Ini
menunjukkan bahwa 104 : 8 = 13
F.
Metode
pembelajaran
1. Demonstrasi
2. Latihan
terbimbing
3. Penugasan
G. Kegiatan Pembelajaran
1. Pendahuluan
( 5 menit )
1) Salam
2) Doa
3) Mengecek
kehadiran
4) Apersepsi
a. anak-anak masih
ingatkah kalian tentang materi perkalian dan pembagian?
5) Tujuan
pembelajaran
2. Kegiatan
inti ( 60 menit )
Ø Eksplorasi
1) Siswa
menyimak penjelasan dari guru tentang perkalian dan
pembagian.
2) Siswa
memperhatikan cara guru melakukan perkalian dan pembagian dengan menggunakan
tabel berwarna yang ditempel di papan tulis.
3) Siswa
diajak oleh guru untuk melakukan perkalian dan pembagian bersama-sama.
4) Siswa
dan guru melakukan tanya jawab tentang perkalian dan pembagian
Ø Elaborasi
5) Siswa
dibimbing oleh guru untuk melakukan perkalian dan pembagian.
6) Siswa
diminta oleh guru bersama-sama menentukan perkalian dan pembagian.
7) Siswa
diminta oleh gurumelakukan perkalian dan pembagian dengan cara mengisi bagian
tabel yang kosong.
Ø Konfirmasi
8) Guru
melakukan tanya jawab tentang materi yang belum dipahami oleh siswa.
9) Siswa
mengerjakan soal yang ditulis oleh guru di papan tulis.
3.
Kegiatan penutup ( 5 menit )
1) Kesimpulan
materi
2) Refleksi
3) Salam
H. Media dan Sumber Belajar
1. Media
Tabel berwarna
2.
Sumber
Belajar
Nurul
Masitoch, dkk. 2009. GemarMatematikaUntuk
SD dan MI Kelas III. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan
Nasional.
I. Penilaian
Hasil Belajar
a.
Soal
1.
23 x 16
= ... 6. 391 : 17 = ...
2.
25 x 15
= ... 7. 299 : 23 = ...
3.
27 x 19
= ... 8. 416 : 16 = ...
4.
28 x 18
= ... 9. 476 : 28 = ...
5. 29 x 14 = ... 10.
551 : 29 = ...
b.
Kunci
jawaban
1.
368 6. 23
2.
375 7. 13
3.
513 8. 26
4.
504 9. 17
5.
406 10. 19
c.
Pedoman
penskoran
No
Soal
|
Skor
Soal
|
|
Benar
|
Salah
|
|
1
|
10
|
0
|
2
|
10
|
0
|
3
|
10
|
0
|
4
|
10
|
0
|
5
|
10
|
0
|
6
|
10
|
0
|
7
|
10
|
0
|
8
|
10
|
0
|
9
|
10
|
0
|
10
|
10
|
0
|
Jumlah
|
100
|
0
|
Skor
penilaian =
Komentar
Posting Komentar