rpp sur. pgsd



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan Pendidikan      :   SDN 03 Pontianak Kota
Mata Pelajaran            :   MATEMATIKA
 Kelas/Semester           :   III (tiga) / 1 (satu)
Waktu                                     :   2 x 35 menit (1 x Pertemuan)
Hari/Tanggal               :   Selasa / 17 Oktober 2017


A.  Standar Kompetensi
1.      Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka

B.  Kompetensi Dasar
1.3 Melakukan perkalian yang hasilnyabilangan tiga angka dan pembagian bilangan tiga angka

C.  Indikator Pencapaian Kompetensi
1.3.1        Melakukan perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka dengan tabel perkalian.
1.3.2        Melakukan pembagian bilangan tiga angkadengan tabel pembagian.

D.  Tujuan Pembelajaran
1.      Setelah menyimak penjelasan guru, siswa dapat melakukan perkalian yang hasilnya bilangan tiga dengan tabel perkalian.
2.      Dengan bimbingan guru, siswa dapat melakukan pembagian bilangan tiga angka dengan tabel pembagian.

E.  Materi Ajar
C. Membuat Tabel Perkalian dan Pembagian
1.      Membuat Tabel Perkalian sampai 10 x 20
Masih ingatkah kalian perkalian sampai 5 x 10 ?  Cobalah kamu bacakan hasil perkalian  berikut dengan cepat!
3 x 2 =...          4 x 7 =...          5 x 6 =...
3 x 3 =...          4 x 8 =...          5 x 7 =...
4 x 7 =...          4 x 9 =...          5 x 9 =...
Sekarang marilah kita lanjutkan membuat tabel perkalian mulai  5 x 11 hingga 10 x 20. Perhatiakan tabel perkalian berikut!

x
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
5
55
60
65
70
75
80
85
90
95
100
105
110
115
120
125
130
135
140
145
150
6
66
72
78
84
90
96
102
108
114
120
126
132
138
144
150
156
162
168
174
180
7
77
84
91
98
105
112
119
126
133
140
147
154
161
168
175
182
189
196
103
210
8
88
96
104
112
120
128
136
144
152
160
168
176
184
192
200
208
216
224
232
240
9
99
108
117
126
135
144
153
162
171
180
189
198
207
216
225
234
243
252
261
270
10
110
120
130
140
150
160
170
180
190
200
210
220
230
240
250
260
270
280
290
300
11
121
132
143
154
165
176
187
198
209
220
231
242
253
264
275
286
297
308
319
330
12
132
144
156
168
180
192
204
116
228
240
252
264
276
288
300
312
324
336
348
360
13
143
156
169
182
195
208
121
234
247
260
273
286
299
312
325
338
351
364
377
390
14
154
168
182
196
210
224
238
252
266
280
294
308
322
336
350
364
378
392
406
420
15
165
180
195
210
225
240
255
270
285
300
315
330
345
360
375
390
405
420
435
450
16
176
192
208
224
240
256
272
288
304
320
336
352
368
384
400
416
432
448
464
480
17
187
204
221
238
255
272
289
306
323
340
357
374
391
408
425
442
459
476
493
510
18
198
216
234
252
270
288
306
324
342
360
378
396
414
432
450
468
486
504
522
540
19
209
228
247
266
285
304
323
342
361
380
399
418
437
456
475
494
513
532
551
570
20
220
240
260
280
300
320
340
360
380
400
420
440
460
480
500
520
540
560
580
600
Text Box: Bilangan KeduaBilangan Pertama

Kolom

Contoh
Berapakah hasil dari  8 x 15 ?
Jawab:
Langkahnya adalah sebagai berikut.
a.    Buatlah garis tipis dari bilangan pertama yaitu 8 (baris ke- 5)
Mendatar ke arah kanan!
b.    Buatlah pula garis tipis dari bilangan kedua yaitu 15 (kolom ke- 5)
Menurun ke arah bawah!
c.    Perhatikan kedua garis berpotongan di angka 120!
Jadi, 8 x 15 = 120
2.      Tabel Pembagian sampai 200 : 10
Untuk melatih ingatanmu, jawablah soal pembagian berikut dengan cepat!
12:2 = ...          14:7 = ...          15:3 = ...
10:5 = ...          15:5 = ...          30:10 = ...
16:4 = ...          20:4 = ...          35:7 = ...
Tabel perkalian di atas juga dapat digunakan untuk menyelesaikan pembagian bagaimanakah caranya?
Perhatikan contoh berikut.
Oval: 84Contoh
1.      Berapakah 84 : 7 ?
2.      Berapakah 104 : 8 ?
Jawab:
1.      Oval: 844Oval: 84Mencari hasil 84 : 7
Cara mengerjakan:
·         Carilah angka 84 dalam tabel yang sebaris dengan angka 7!
·         Setelah angka 84 ditemukan, urut ke atas.
Maka diperoleh angka 12
Ini menunjukkan bahwa 84 : 7 = 12
2.      Mencari hasil 104 : 8
Cara mengerjakan:
·         Carilah angka 104 dalam tabel yang sebaris dengan angka 8!
·         Setelah angka 104 ditemukan, urut ke atas.
Maka akan diperoleh angka 13
Ini menunjukkan bahwa 104 : 8 = 13
F.   Metode pembelajaran
1.    Demonstrasi
2.    Latihan terbimbing
3.    Penugasan
G. Kegiatan Pembelajaran
1.    Pendahuluan ( 5 menit )
1)   Salam
2)   Doa
3)   Mengecek kehadiran
4)   Apersepsi
a. anak-anak masih ingatkah kalian tentang materi perkalian dan pembagian?
5)   Tujuan pembelajaran
2.    Kegiatan inti ( 60 menit )
Ø  Eksplorasi
1)   Siswa menyimak penjelasan dari guru tentang perkalian dan pembagian.
2)   Siswa memperhatikan cara guru melakukan perkalian dan pembagian dengan menggunakan tabel berwarna yang ditempel di papan tulis.
3)   Siswa diajak oleh guru untuk melakukan perkalian dan pembagian bersama-sama.
4)   Siswa dan guru melakukan tanya jawab tentang perkalian dan pembagian
Ø  Elaborasi
5)   Siswa dibimbing oleh guru untuk melakukan perkalian dan pembagian.
6)   Siswa diminta oleh guru bersama-sama menentukan perkalian dan pembagian.
7)   Siswa diminta oleh gurumelakukan perkalian dan pembagian dengan cara mengisi bagian tabel yang kosong.
Ø  Konfirmasi
8)   Guru melakukan tanya jawab tentang materi yang belum dipahami oleh siswa.
9)   Siswa mengerjakan soal yang ditulis oleh guru di papan tulis.
3. Kegiatan penutup ( 5 menit )
1)   Kesimpulan materi
2)   Refleksi
3)   Salam
H.  Media dan Sumber Belajar
1.      Media
Tabel berwarna
2.      Sumber Belajar
Nurul Masitoch, dkk. 2009. GemarMatematikaUntuk SD dan MI Kelas III. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
I.     Penilaian Hasil Belajar
a.       Soal
1.      23 x 16 = ...                 6. 391 : 17 = ...
2.      25 x 15 = ...                 7. 299 : 23 = ...
3.      27 x 19 = ...                 8. 416 : 16 = ...
4.      28 x 18 = ...                 9. 476 : 28 = ...
5.      29 x 14 = ...                 10. 551 : 29 = ...
b.      Kunci jawaban
1.      368                         6. 23
2.      375                         7. 13
3.      513                         8. 26
4.      504                         9. 17
5.      406                         10. 19
c.       Pedoman penskoran
No Soal
Skor Soal
Benar
Salah
1
10
0
2
10
0
3
10
0
4
10
0
5
10
0
6
10
0
7
10
0
8
10
0
9
10
0
10
10
0
Jumlah
100
0
Skor penilaian =





Text Box: Mengetahui,
Guru Pamong SDN 03 Pontianak Kota

Dra. Syarifah Maimunah
NIP. 19590923 19800 2 002
Text Box: Pontianak, 17 Oktober 2017

Surwani
NIM. F1082141015
 



Komentar

Postingan Populer