rpp sur baru
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
Satuan
Pendidikan : SDN 03 Pontianak Kota
Mata
Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas/Semester : II (dua) / 1 (satu)
Waktu
:
2 x 30 menit (1 x Pertemuan)
Hari/Tanggal
: Kamis / 12Oktober 2017
A. Standar Kompetensi
2. Menggunakan pengukuran waktu, panjang dan berat dalam pemecahan
masalah
B. Kompetensi Dasar
2.2. Menggunakan alat ukur panjang tidak baku
dan baku (cm, m) yang sering digunakan
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
2.2.1. Mengukur
panjang dengan satuan baku
D. Tujuan Pembelajaran
1. Melalui
demonstrasi, siswa dapat mengukur panjang dengan satuan baku.
E. Materi Ajar
Mengukur Panjang dengan Satuan Baku
Apakah
satuan baku itu?
Satuan
baku sama di seluruh dunia.
Contoh
satuan baku adalah sentimeter. Selain itu, meter.
sentimeter
disingkat cm
meter
disingkat m
a. Mengukur dengan Satuan Sentimeter
Perhatikan
mistar berikut.
Mistar
untuk mengukur benda pendek.
Perhatikan
pulpen yang diukur mistar.
1 skala
pada mistar adalah 1 cm.
Panjang
pulpen adalah 10 skala.
Jadi, panjang
pulpen adalah 10 cm.
Perhatikan
gunting diukur mistar
Panjang
gunting adalah 11 cm.
F.
Metode
pembelajaran
1. Demonstrasi
2. Latihan
terbimbing
3. Penugasan
G. Kegiatan Pembelajaran
1. Pendahuluan
( 5 menit )
1) Salam
2) Doa
3) Mengecek
kehadiran
4) Apersepsi
a. Anak-anak
apakah kalian punya penggaris?
b. Penggaris
itu digunakan untuk apa?
5) Tujuan
pembelajaran
2.
Kegiatan
inti ( 50 menit )
Ø Eksplorasi
1) Siswa
menyimak penjelasan dari guru tentang mengukur panjang dengan satuan baku.
2) Siswa
memperhatikan cara guru mengukur benda konkrit dengan menggunakan penggaris.
3) Siswa
dan guru melakukan tanya jawab tentang mengukur benda-benda konkrit yang sudah
dipersiapkan oleh guru.
Ø Elaborasi
4) Siswa
dibimbing oleh guru untukmengukur benda konkrit yang sudah guru persiapkan.
5) Siswa
diminta oleh guru bersama-sama mengukurbenda konkrit dengan menggunakan
penggaris.
6) Kemudian
siswa mengukur benda yang dipersiapkan oleh guru. Setelah mengukur, siswa
diminta oleh guruuntuk menempelkan gambar dan menuliskan jawabannya di papan
tulis.
Ø Konfirmasi
7) Guru
melakukan tanya jawab tentang materi yang belum dipahami oleh siswa.
8) Siswa
mengerjakan soal yang ditulis oleh guru di papan tulis.
3.
Kegiatan penutup ( 5 menit )
1) Kesimpulan
materi
2) Refleksi
3) Salam
H. Media dan Sumber Belajar
1. Media
a. Penggaris
b. Gelas
akua, botol akua, pulpen, spidol dan kotak obat
c. Karton
2. Sumber
Belajar
Irwan Kusdinar dan Zikri. 2009. PintarBermatematikaUntuk SD/MI Kelas 2. Jakarta: Departemen
Pendidikan Nasional.
I.
Penilaian
Hasil Belajar
a. Soal
1. Ukurlah
berapa panjang meja belajarmu ... cm.
2. Ukurlah
berapa lebar buku BSEmu ... cm.
3. Ukurlah
berapa panjang buku BSEmu ... cm.
4. Ukurlah
berapa panjang buku tulismu ... cm
5. Ukurlah
berapa lebar buku tulismu ... cm.
b. Kunci
jawaban
Sesuai
dengan kebijakan guru (jawaban siswa beragam)
c.
Pedoman penskoran
No Soal
|
Skor Soal
|
|
Benar
|
Salah
|
|
1
|
20
|
0
|
2
|
20
|
0
|
3
|
20
|
0
|
4
|
20
|
0
|
5
|
20
|
0
|
Jumlah
|
100
|
0
|
Skor
penilaian =
Mengetahui,
Guru
Pamong SDN 03 Pontianak Kota
Dra.
Syarifah Maimunah
NIP.
19590923 19800 2 002
|
Pontianak,
12Oktober 2017
Surwani
NIM.
F1082141015
|
Komentar
Posting Komentar